Perkembangan
teknologi dan Informasi saat ini telah membuat dunia pemasaran juga semakin
berkembang. Sebagai bagian dari aktivitas bisnis e-commerce, jual-beli
online pun semakin marak dilakukan. Memiliki modal internet dan gadget,, transaksi jual/beli
menjadi sangatlah mudah. Jika Anda tertarik untuk menjajal ladang bisnis
online.
Dalam kurung waktu lima tahun terakhir ini
Industri e-commerce di Indonesia telah berhasil mengubah
banyak hal, termasuk budaya belanja masyarakat Indonesia. Dalam usahanya
mengikuti arus perkembangan teknologi, Astra Otoparts meluncurkan situs e-commerce suku
cadang otomotif ASTRAOtoshop.
PT Ardendi Jaya Sentosa, anak perusahaan dari
PT Astra Otosparts (AOP) adalah naungan Astraotoshop yang Kehadirannya dalam platform e-commerce ini diharapkan bisa menjadi onlineshopping yang menjadi
pilihan masyarakat di Indonesia. Sebelum masuk kepada artikel
“ASTRAOtoshop Siap Jadi Pilihan Layanan
E-Commerce Suku Cadang Otomotif” kita terlebih dahulu mengenal apa itu
e-commers dan apa keunggulannya sebagai salah satu layanan bisnis online.
E-commerce adalah singkatan dari electronic commerce atau dalam bahasa
Indonesia dikenal dengan istilan Perdagangan
elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik
seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik,
sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. (https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik)
Industri teknologi
informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business)
yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara
elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau
pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange
/EDI), dll.
E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekadar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www,
e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail),
dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini. Ada 5 ( lima ) bentuk bisnis
e-commerce yang ada di Indonesia yaitu : Daftar Iklan Baris/Classified, Marketplace C2C, Shopping
Mall, Toko online
B2C, Toko Online di Media Sosial. Disamping memiliki berbagai macam
bentuk e-commerce di Indonesia juga memiliki beberapa keuntungan sebagai sarana
bisnis online, antara lain :
1. Melakukan
pencarian barang, dan pembelian secara online dengan mudah, belanja cukup pada
suatu tempat adalah merupakan keuntungan yang diperoleh konsumen Contoh :
Seorang pembeli diinternet dapat menggunakan computer pribadinya pagi atau
malam selama 7 hari per minggu untuk membeli hamper semua barang, dan tidak
perlu mengantri ditoko atau bahkan meninggalkan rumahnya.
2.
Menjalankan
atau melakukan proses penjualan lebih
mudah, efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu, merupakan salah satu keuntungan yang diperoleh pelaku bisnis toko Contoh
: pelaku bisnis atau toko online cukup mengupdate barang apa saja yang akan di
jual, dan dalam pembayarannya pelanggan cukup mendaftar dan memberikan data
yang dibutuhkan, dan toko online tersebut akan menyimpan informasi kartu kredit
pembelinya diserver mereka, sehingga informasi yang dibutuhkan hanya dimasukkan
sekalisaja.
3.
adalah
mendapatkan peningkatan pendapatan, dan loyalitas pelanggan adalah keuntungan
yang diperoleh Manajemen atau perusahaan E-Commerce Contoh :
Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena
itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan
Sebagai layanan e-commerce baru,
ASTRAOtoshop sadar betul harus bisa memenuhi ekspektasi dan kebutuhan
masyarakat yang ingin berbelanja. Selain menghadirkan versi situs, mereka juga
menghadirkan aplikasi mobile, baik untuk Android maupun iOS.
Kehadiran dua fitur unggulan yang dibawa oleh ASTRAOtoshop yakni fitur
penjualan spare parts dan pemasangan. Konsumen diharapkan bisa
dengan mudah menemukan segala kebutuhan otomotif baik untuk mobil maupun motor,
mulai dari aki, ban, oli, shock absorber, kampas rem, filter
dan suku cadang lain dari merek otomotif ternama dengan jaminan kualitas,
seperti ASPIRA, Aspira Exposio, Aspira Premio, Akebono, Federal Parts, GS
Astra, Incoe, KYB, Pirelli, dan Shell Helix Astra. Di situs ini juga ada fitur yang memungkinkan
pengguna untuk melakukan pembelian sekaligus pemasangan aki, oli, shock
absorber dan ban mobil di outlet Shop & Drive
yang tersebar di seluruh Indonesia.
Pengguna tinggal melakukan booking dengan
menentukan tempat dan waktu pemasangan online. Selain mengusung
konsep C2C (Customer to Customer), ASTRAOtoshop juga mempersiapkan platform
untuk B2B (Business to Business) yang saat ini tengah memasuki masa
pengembangan tahap akhir dan akan diluncurkan pada pertengahan November 2018.
Menurut direktur Astra Otoparts Yusak
Kristian, dengan diluncurkannya aplikasi
ini, ASTRAOtoshop.com sebagai e-commerce otomotif pertama di
Indonesia hari ini, dapat memberikan pengalaman berbelanja yang baru untuk
konsumen. Berbagai kemudahan dan jaminan untuk mendapatkan spare parts orisinil
jaminan kualitas Astra juga
tentunya menjadikan ASTRAOtoshop ini #PilihanPasti untuk berbelanja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar